Lebah Perawat Tak Gampamg Pikun


Sudah menjadi anggapan umum, kemampuan kognitif makin menurun seiring bertambahnya usia. Namun, penelitian Universitas Berlin menunjukkan jenis pekerjaan yang dilakukan setiap hari akan memengaruhi kemampuan kognitif. Ini terlihat pada sekelompok lebah yang melakukan pembagian kerja yang ternyata memengaruhi kemampuan belajar mereka. Dr. Ricarda Scheiner, pimpinan riset, mempresentasikan hasil temuan itu dalam sebuah pertemuan ilmiah di Glasgow, Skotlandia, pekan lalu.
Lebah pekerja adalah lebah tertua dalam koloni lebah yang bertugas mengumpulkan makanan. Seiring tuanya usia, setua itu pula kemampuan otak lebah pekerja. Semakin sering mereka bekerja mengumpulkan makanan, semakin cepat pula penurunan kemampuan belajarnya. Sebaliknya, pada kelas lebah perawat, yang bertugas di dalam sarang untuk merawat ratu dan larva, tidak ditemukan penurunan kemampuan belajar dalam otaknya, meski dengan usia yang sama dengan lebah pekerja.
Hal menarik, saat lebah pekerja direkayasa menjadi lebah perawat, para peneliti menemukan kemampuan otak si lebah menjadi meningkat kembali. Ini menandakan adanya fleksibelitas dalam sirkuit otak lebah. Dengan penemuan ini para peneliti berharap menggunakan contoh lebah sebagai model untuk mencegah penuaan pada otak manusia.

0 komentar: