Tumbuhan Juga Bisa Berpura-pura Sakit


Bukan hanya manusia yang bisa berpura-pura sakit, tumbuhan pun juga bisa melakukannya.
Tumbuhan yang bisa berpura-pura sakit itu ditemukan di hutan hujan di negara Ekuador, Amerika Selatan.
Tumbuhan-tumbuhan yang ada di hutan hujan Ekuador berpura-pura sakit tentu bukan tanpa sebab. Hal itu dilakukan untuk menghindari serangan serangga yang suka memakan daun sehat. Jadi, tumbuhan pura-pura sakit untuk mengelabui serangga pemakan daun.
Daun akan mengalami perubahan warna dan muncul bintik atau garis-garis jika tumbuhan sedang berpura-pura sakit.
Hal itu dikenal dengan variegation atau pergantian warna. Mungkin hal itu bisa mengelabui serangga tetapi tidak petani dan penduduk sekitar hutan. Karena mereka bisa membedakan mana tumbuhan yang berpura-pura sakit mana yang tidak.
Variegation ini memang dilakukan beberapa jenis tumbuhan yang ditandai dengan perbedaan warna pada daun. Tumbuhan akan mengurangi zat hijaunya (klorofil) untuk merubah warna daun. Meskipun hal itu dapat menangkal serangga tetapi mengakibatkan proses memasak makanan (fotosintesis) pada tumbuhan terhambat.
"Variegation ini dapat memang bisa menagkal serangga-serangga yang suka memakan daun dan meninggalkan telurnya. Akibatnya daun menjadi rusak dan pertumbuhan pun terhambat," kata Sigrid Liede-Schumann, salah satu peneliti dai Universitas Bayreuth di Jerman.

0 komentar: