Rhubarb, Tumbuhan Penyalur Air yang Unik


Percayakah Anda ada tumbuhan yang dapat menyalurkan air hujan sebelum menyerapnya lewat akar? Baru-baru ini para ilmuwan dari Universitas Haifa-Oranim tengah meneliti mekanisme self irrigating ini pada tumbuhan rhubarb yang kerap disebut sebagai tumbuhan yang mampu "mengairi" dirinya sendiri. Di samping itu, tumbuhan ini juga mampu memanen air 16 kali lebih banyak dari tumbuhan lain yang hidup di gurun.
Rhubarb tumbuh di pegunungan Negev, Israel, yang dikenal sebagai kawasan dengan intensitas hujan rendah. Hanya 75 milimeter per tahun. Tidak seperti tumbuhan lain yang memiliki daun kecil untuk mencegah kehilangan kelembaban, tumbuhan bernama Latin Rheum rhabarbarum ini justru mempunyai daun yang lebar. Daunnya ditutupi oleh lapisan lilin. Namun yang paling unik dari tumbuhan ini adalah struktur daunnya yang menyerupai topografi gunung.
Para ilmuwan menjelaskan, lekuk-lekuk yang lebar dan dalam pada daunnya menciptakan semacam saluran yang mampu menyalurkan air masuk ke dalam tanah tempat akarnya akan menyerap air yang masuk. Ini tidak mampu dilakukan oleh tumbuhan lain yang biasa menyerap air setelah air masuk ke tanah terlebih dulu. Inilah rahasia mengapa rhubarb mampu menyerap air 16 kali lebih banyak dari tumbuhan gurun lain di pegunungan Negev.

0 komentar: